Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

5 Langkah dalam persiapan TIDAK Mudik Kampung Halaman Bumiayu

Sedulur, ternyata banyak pro dan kontra perihal instruksi pemerintah tentang Jangan Mudik Kampung Halaman pada Bulan Ramadhan nanti yang diperkirakan jatuh pada Bulan Mei nanti. Sugesti perantau yang harus bertemu dengan sanak saudara dan orang tua menjadikan para perantau sejati ini mulai panik dan cemas.

Manusiawi memang dikala Anda misalkan merantau jauh dari keluarga misalkan saja pergi menjadi TKA di Malaysia. Sudah menginjakan kaki di Negeri orang dalam kurun waktu 5 tahun kebelakang ini. Namun saat Anda membuat rencana untuk Mudik Kampung Halaman Bumiayu, kondisi Negara kita NKRI sedang di inkubasi oleh sejenis Virus Flue yakni COVID-19.

Anjuran pemerintah kita saat ini adalah agar para pekerja dari daerah untuk tidak pulang kampung sementara semasa menyebarnya wabah pandemik global virus Corona atau COVID-19. Tujuannya sudah tentu Pemerinta tidak ingin pemudik nantinya menjadi carir dari virus Corona ini untuk disebarkan ke keluarganya. Tentu kita tidak ingin bukan menyakiti orang tua kita dan sanak saudara kita lainnya. Perlu diketahui, pasien positif virus Corona yang rawan meninggal dunia adalah dengan rentang umur 60 tahun sampai dengan 80 tahun keatas. Tingkat kematiannya bisa sampai angka 14%. Jadi mesti ditimang-timang lagi yah sedulur untuk tidak mudiknya.

Age of Coronavirus Deaths
Age of Coronavirus Deaths - worldometers.info

Berikut akan penulis share langkah-langkah dalam persiapan TIDAK mudik ke kampung halaman tercinta kota Bumiayu.

5 Langkah dalam persiapan TIDAK Mudik Kampung Halaman Bumiayu


1. Persiapan Air Minum Bersih


Menurut study, tubuh manusia terdiri dari 60% air dan bahkan otak dan jantung kita tersusun dari 73% air. Dapat disimpulkan jika tubuh manusia ini kehilangan air misalkan sebanyak 25% dari berat masanya, tentu akan terjadi dehidrasi hebat.

Bahkan ada suatu journal yang menuliskan manusia bisa bertahan dalam jangka 7 hari hanya dengan meminum air dan tanpa adanya makanan yang bisa dimakan.

Maka dari itu sedulur, langkah pertama yang paling penting adalah persiapan Air Minum Bersih. Tujuanya adalah agar Anda tidak mengalami dehidrasi. Mari kita kelompokan kategori Air Minum Bersih berdasarkan budget harian kamu.

Akan penulis urutkan berdasarkan harga yang termahal menurut pengetahuan penulis :

a. Air Aqua


Air Aqua penulis masukan ke subordinat pertama karena harganya yang paling mahal. Didaerah Kalimantan, harga satu galon Aqua 19 Liter itu kisaran Rp.39.000 sampai Rp.50.000. Harga yang cukup mahal bukan. Misalkan bagi Anda yang merantau didaerah Jakarta dan sekitarnya harga Aqua galon 19 Liter adalah Rp.55.000 ternyata lebih mahal sedulur dari luar Jawa.

Misalkan Anda hidup bersama 2 orang lainnya, kebutuhan air minum dalam satu minggu adalah 2 Galon, jadi dalam seminggu harus mengeluarkan budget Air Aqua galon sebesar Rp.110.000,. Tentu bisa Anda buatkan pland budget untuk hidup selama 3 minggu tinggal di kota tersebut, jadi dalam 3 minggu budget Air Aqua galon sebesar Rp.330.000,.

b. Air Selain Aqua


Karena budget untuk membeli Aqua berasa lebih mahal, mungkin sedulur bisa mengganti dengan alternatif air kemasan lainnya. Kalau penulis sarankan sedulur bisa membeli air kemasan dengan merek Club, harganya hampir 45% dibawah harga merek Aqua.

Atau bisa juga dengan membeli air isi ulang satu minggu sebelum pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri penuhi galon-galon Anda dengan air isi ulang langganan Anda dan pastikan bisa memenuhi kebutuhan minum selama 3 minggu kedepan. Penulis rasa harga air isi ulang ini relatif lebih murah mungkin dikisaran harga Rp.5000 sampai Rp.10.000.

2. Obat-obatan dan Vitamin


APD atau Alat Pelindung Diri yang bisa sedulur siapkan pada waktu tidak mudik ke kampung halaman adalah obat-obatan dan vitamin. Menurut study, virus Corona atau COVID-19 ini sangat tidak cocok dengan obat yang mengandung zat Ibu Profen, maka itu carilah penggantinya misalkan adalah Paracetamol.

Langkah selanjutnya persiapan Vitamin sebagai suplemen harian agar tubuh sedulur tetap terjaga imunitasnya. Tentunya adalah Vitamin C, mungkin bisa didapatkan sejak dini di apotik terdekat, dan beberapa tambahan vitamin lainnya dan suplemen makanan seperti curcuma juga sangat dianjurkan dalam masa pandemik ini.

3. Sayuran dan Beras


Menginjak ke kebutuhan pokok umat manusia. Anda harus memastikan freezer lemari pendingin bisa bekerja dengan baik. Kemudian segera list sayuran favorit Anda dan keluarga. Ingat yah harus yang favorit, karena dimasa pandemi ini tentu warung-warung nasi akan sangat sulit ditemui. Jika penulis adalah sayur kangkung sebagai menu favorit ditambah tempe.

Kenapa sih harus favorit? Ingat dimasa pandemi ini Anda harus memanfaatkan dengan maximal kebutuhan anda untuk bisa bertahan minimal adal 14 hari sampai 18 hari kedepan. Jika sayuran yang dibeli bukan favorit makan akan sangat sia-sia ketika dimasak dan anda tidak memakannya. Efeknya adalah tentu ke penurunan imunitas Anda sendiri. Jadi usahakan belanjakan yang memang menjadi favorit Anda.

Mari kita kalkulasikan, jika kebutuhan sayuran untuk sekali makan adalah 2 porsi maka Anda harus membelanjakan sayuran sebanyak 5 ikat biasanya kalau di pasar untuk satu hari. Kemudian kalikan kebutuhan selama 7 hari terlebih dahulu. Karena sayur kebanyakan akan layu sebetulnya. Harga perikat sayuran misalkan adalah Rp.8000 sampai Rp.12.000. Hitung sendiri ya make kalkulator HP.

4. Makanan pendukung


Makanan pendukung ini sifatnya adalah jika makanan utama Anda telah habis namun pasar belum juga menunjukan adanya pergerakan untuk buka. Dengan menyimpan makanan pendukung, Anda bisa melanjutkan aktifitas sampai benar-benar pasar dibukan secara wajar. Lantas apa saja sih makanan pendukung ini.

Makanan pendukung dalam keadaan Survival :
  • Coklat (makanan tinggi kalori)
  • Susu (minuman berenergi)
  • Kacang-kacangan (mengandung lemak)
  • Keju (mengandung protein dan lemak)
  • Buah-buahan

5. Entertainment


Tidak disangka point kelima yang ingin penulis sampaikan adalah entertainment, yang artinya otak kita ketika dalam keadaan jenuh harus diimbangi dengan hiburan ringan. Contoh hiburan ringan yang sederhana adalah hobi kita sendiri. Misalkan penulis hobinya adalah menulis artikel yang di publish di blog www.bumiayu.net , kadang kala juga menonton film action Box Office atau bermain game play station 4.

Otak kita juga membutuhkan asupan entertainmen, untuk menjaga kinerjanya sewaktu dalam keadaan seperti ini. Jadi penulis berani memasukan point Entertainmen disaat Anda tidak pulang kampung halaman Bumiayu selama kurang lebih 14 hari dan ditambah 7 hari suasana yang belum normal kemungkinan di Jakarta dan sekitarnya. Perlu ketahui juga, penulis sudah hampir 4 kali lebaran tidak pulang kampung Bumiayu. Sedih rasanya, cuman karena ini adalah tuntutan pekerjaan jadi ya harus dilaksanakan. Dan himbauan dari pemerintah tentang penyebaran virus Corona atau COVID-19 jadi penulis pun memutuskan untuk tidak pulang ke kampung halaman Bumiayu di Ramadhan kali ini.
Semoga kita semua senantiasa selalu dalam lindungan Allah SWT, dan jalan ninja kita selalu di rahmatiNya. Senantiasa berdoa agar wabah COVID-19 ini segera berakhir di seluruh dunia, dan semoga ada peneliti atau ilmuwan yang menemukan vaksin virus Corona. Semoga kerja keras peneliti ini menjadikan pahala yang tak terkira di hari akhir kelak. Aamiin YRA. /FA

Posting Komentar untuk "5 Langkah dalam persiapan TIDAK Mudik Kampung Halaman Bumiayu"

Berlangganan via Email