24 C
id

Peluang Usaha di Bumiayu dan Sekitarnya

Peluang Usaha di Bumiayu dan Sekitarnya
Image by Thanks for your Like • donations welcome from Pixabay

Selamat siang sedulur sekalian, bagaimana kabarnya semoga baik dan sehat selalu yah. Siang ini Mas Ngademin mencoba menterawang peluang usaha di Bumiayu yang sekiranya masih bisa bertahan dimasa pandemi ini.

Latar belakang cerita siang ini, karena salah satu kawan Mas Ngademin bekerja merantau di Kalimantan. Ceritanya dia ingin sekali pulang kampung halaman karena rasa rindunya yang sudah menggebu gebu sampai dengan saat ini.

Baik kalau begitu Mas Ngademin akan tuturkan jenis-jenis peluang usaha di Bumiayu yang membutuhkan modal dari modal yang tinggi hingga modal yang sedikit.

1. Beternak Ayam Potong

Jenis usaha ini membutuhkan dana yang besar kurang lebih Rp100juta sampai dengan Rp300juta. Jenis usaha beternak ayam potong memang saat ini masih bisa survive dimasa pandemi, karena permintaan pasar akan kebutuhan ayam potong masih tinggi.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memulai ternak ayam potong adalah sebagai berikut :

  • Persiapan lahan bisa dengan sewa tanah bengkok atau membeli tanah dengan budget Rp300juta keatas,
  • Budget untuk pembangunan kandang ayam, kapasitas 3000 ekor kurang lebih Rp140juta,
  • Karyawan yang dipercaya bisa dari saudara, atau tetangga,
  • Partner untuk beternak pilih lokasi yang dekat dan murah serta PPL yang mudah diajak koordinasi

Lantas apakah hasilnya menguntungkan?

Berdasarkan pengalaman Mas Ngademin meskipun bukan secara langsung dalam mengurusi ternak ayam potong tersebut, namun dengan modal pembuatan kandang diatas Mas Ngademin mampu membalikan modal utama dalam jangka waktu tiga tahun lamanya.

Hal yang dilakukan Mas Ngademin sebetulnya bisa lebih cepat dalam pengembalian modal utama, namun karena kesibukan maka kandang diurus oleh dua orang karyawan yang dibayar setiap selesai panen.

Lokasi yang cocok dimana min?

Daerah yang sangat cocok untuk beternak ayam potong memanglah bukan didaerah Kecamatan Bumiayu. Lokasi yang strategis adalah di Kecamatan Paguyangan, dan Tonjong jika lokasi anda berada di Bumiayu.

2. Berjualan Ayam Potong Keliling

Pengalaman ini Mas Ngademin dapatkan sewaktu merantau di Karawang, rasanya susah sekali untuk pergi kepasar karena sibuknya bekerja maka yang saya andalin adalah tukang sayur keliling yang pada waktu itu terlihat membawa Mobil untuk berjualan sayur dan lain-lainnya.

Mungkin ini juga termasuk salah satu jenis usaha yang membutuhkan modal yang mahal. Mungkin Mas Ngademin akan rincikan pengeluaran kasarnya adalah sebagai berikut :

  • Pembelian mobil boks bekas seharga Rp100juta - Rp125juta
  • Modifikasi mobil supaya bisa digunakan untuk berjualan Rp15juta
  • Karyawan untuk berjualan
  • Pembelian ayam potong 1 Ton Rp20juta

Kasaran modal yang dibutuhkan seperti itu, namun peluang usaha jenis kedua ini bersinergi dengan usaha beternak ayam potong, anda harus bisa mencari teman atau saudara yang beternak ayam potong lalu ikut membeli ke perusahaannya dengan tujuan adalah mendapatkan harga yang murah, hal ini untuk menutupi biaya operasional seperti solar/bensin, gaji karyawan, makan dan pulsa.

3. Warung Makan Menu Khas Ayaman

Rekomendasi peluang usaha yang ketiga adalah membuka warung makan namun dengan menu dimana bahan dasarnya adalah semuanya ayam.

Ya betul semua menunya adalah ayam, entah itu ayam geprek, ayam manis, ayam bakar, ayam oseng, ayam sambal hijau, ayam pop dan menu lainnya yang berbahan dasar ayam.

Saya yakin di Kecamatan Bumiayu dan sekitarnya belum ada usaha jenis seperti ini. Maka ini adalah suatu peluang yang bisa kamu wujudkan di sana.

Untuk peluang usaha yang ketiga Mas Ngademin memberikan score 88% untuk kesuksesannya. Melihat populasi di Kecamatan ini sebagai sentralisasi peradaban di Brebes Selatan makan ada peluang meningkat untuk score kesuksesannya.

Rincian biaya yang anda keluarkan dengan modal yang seminimal mungkin maka hasilnya seperti ini :

  • Sewa ruko di Jalan Bumiayu - Paguyangan satu tahun Rp20juta - Rp30juta
  • Perabotan dan dekorasi Rp15juta
  • Belanja bulanan Rp10juta

Kesimpulan

3 usaha diatas adalah yang bisa Mas Ngademin tuliskan pada siang menuju sore hari ini semoga ada yang membacanya dan jika dilakukan kemudian berhasil jangan lupa doakan Mas Ngademin juga agar bisa sukses ya.

Mohon maaf ternyata Mas Ngademin belum menuliskan peluang usaha dengan modal kecil, karena olah data saya belum sampai kesitu. Cuman sedikit saran, asal apapun usaha yang ada lakukan itu dengan sungguh-sungguh maka suatu saat anda akan menerima kesuksesan itu. 

Kegagalan adalah sukses yang tertunda, kata-kata bijak ini masih Mas Ngademin pegang karena memang betul untuk saat ini saya belum sukses namun suatu saat Mas Ngademin dan anda sedulur saya sebagai pembaca insya Allah suatu saat akan merasakan kesuksesan.

Semangat!!!

Postingan Lama Tak ada hasil yang ditemukan
Postingan Lebih Baru
Admin
Admin Bumiayu merupakan kota kecil dimana saya dibesarkan. Perjalanan hidup ini tentu tidak akan melupakan semua jejak yang tertinggal di kota Bumiayu. Pernah menjelajahi seluruh desa di Kec, Salem adalah jejak yang luar biasa selama tiga tahun lamanya.

Posting Komentar

Ads Single Post 4