24 C
id

Wow, Ke Puncak Sakub Bisa Dijangkau Mobil

Bagi kalian yang pernah ke Kaligua, sepertinya belum afdol jika tidak singgah di puncak Sakub. Dengan ketinggian 2050 mdpl, suasana sangat sejuk dan indah. Pengunjung bisa melihat pemandangan kebun teh yang sangat luas ke arah bawah.

Menuju Puncak Sakub

Untuk ke arah Puncak Sakub banyak jalan. Bisa melalui sebelum pintu masuk ke agro wisata Kaligua atau melalui pemukiman warga belok kiri, jauh sebelum ke wisata kebun teh. Nah, kami melewati pemukiman warga, jalannya lumayan lebar. Dengan menaiki minibus, kami sekeluarga berkendara dengan hati-hati.

Puncak Sakub Kaligua Paguyangan
Puncak Sakub, Kaligua Paguyangan

Awalnya jalan beraspal lalu jalanan tinggal beraspal sudah mengelupas dan meninggalkan serpihan kerikil yang mengharuskan hati-hati. Alurnya lumayan panjang hingga diketinggian tertentu. Sisa menuju jalan ke puncak jalanan tidak beraspal dan hanya jejerean batu yang tertata rapi. Sangat disayangkan, akses wisata yang gemanya sudah terkenal tidak dikelola dengan baik. 

Kelokan tajam berulang-ulang, mengantisipasi supir memberitahu untuk pegangan erat. Seiring jalan disuguhi pemandangan bunga-bunga ungu yang bertebaran sepanjang tepi. Belum lagi desir angin dan udara sejuk yang dihirup. 

Sesampainya di sana, Puncak Sakub lengang. Hanya ada pemilik warung dan sepasang sejoli yang sedang mengabadikan dengan ponselnya. Kami pun sama, tak ingin melewatkan berfoto ria. Kabut begitu cepat  menutupi hamparan perkebunan teh. Hawa dingin menusuk tulang. Kami seperti diantara awan.

Wanawisata Puncak Sakub Kaligua Paguyangan

Spot Instagramable

Tepat dibawah gubuk kecil di atas warung, kami menghabiskan waktu bersama keluarga. Plang puncak Sakub menjadi tanda utama. Berganti-ganti gaya dalam frame kamera ponsel dan sesekali mengambil video.  Usai dhuhur tiba, lalu makan siang dari bekal yang dibawa dari rumah di saung warung. Mendoan hangat dari warung menambah kenikmatan kami menyantap makanan. Untuk toilet, jangan khawatir, didekat warung ada 2 toilet yang disediakan. Suasana dingin memang sering jadi pengin BAK. 

Plang trek Sakub menjadi tempat yang dekat untuk parkir. Selanjutnya ada plang start 2 biasanya untuk trek bike. Jalan setapak tanah yang berkelok dan terjal memacu adrenalin bagi pecinta sepeda gunung. Selain dimanjakan dengan pemandangan indah juga tak lepas dari kegiatan olahraga. 

Berkendara apapun menuju Puncak Sakub harus hati-hati. Mengingat jalan yang kurang perawatan. Pilih kendaraan yang nyaman, tidak membuat susah penggunanya dan yang pasti harus kuat. Pastikan mesin, bensin dalam keadaan terbaik. Meminimalisir gangguan perjalanan lebih baik dari pada menyusahkan diri. Sepanjang menuju dari kali gua ke puncak Sakub tidak ada penjual bensin atau bengkel. Jadi, persiapan sangatlah penting.

#qismika'smom

Kolom Penulis

Kolom Penulis merupakan kategori khusus untuk para warga atau Sedulu Bumiayu dan Brebes Selatan untuk bisa menampilkan tulisannya di Blog kami. Panjenengan bisa mengkirimkan artikel melalui No. WhatsApp Bumiayuku agar bisa ditampilkan disini. Artikel panjenengan harus Orisinal tentunya, agar Blog kami tidak dianggap oleh SPAM oleh Google. 

Silahkan kirim artikel terbaik kamu untuk kami muat di Blog Bumiayu.Net

Postingan Lama
Postingan Lebih Baru
Admin
Admin Bumiayu merupakan kota kecil dimana saya dibesarkan. Perjalanan hidup ini tentu tidak akan melupakan semua jejak yang tertinggal di kota Bumiayu. Pernah menjelajahi seluruh desa di Kec, Salem adalah jejak yang luar biasa selama tiga tahun lamanya.

Posting Komentar

Ads Single Post 4