24 C
id

Waduh Ada Sarang Lebah Besar, Panggil Saja Damkar, Gratis!

Hari gini hampir semua lembaga atau instalasi memiliki sosial media, misalnya saja adalah PLN Mobile. Sehingga aktifitas dan info yang terkait bisa dijangkau di sosmed tsb. Hal itu tentu memudahkan kita untuk mendapatkan informasi. Salah satunya damkar, yang tak hanya menangani soal kebakaran. 

Pemadam kebakaran disingkat Damkar, Branwir (dari Bahasa Belanda "Brandweer"), atau PMK adalah orang atau pasukan yang bertugas memadamkan kebakaran, melakukan penyelamatan, dan menanggulangi bencana atau kejadian lainya.


Mengutip dari wikipedia, petugas pemadam kebakaran selain terlatih untuk menyelamatkan korban dari kebakaran atau melakukan pemadaman, juga dilatih untuk menyelamatkan korban-korban bencana seperti kecelakaan lalu lintas, gedung runtuh, banjir, gempa bumi, dll. Di lain hal, mereka juga ditugaskan untuk melakukan tugas-tugas penyelamatan yang tidak menyangkut adanya kebakaran seperti

  • Pengevakuasian sarang tawon
  • Menyelamatkan korban bunuh diri
  • Menyelamatkan orang atau hewan yang terjebak
  • Menanggulangi pohon tumbang, dll. 

Pemadam kebakaran juga terkadang ditugaskan untuk memberi sosialisasi dan pendidikan kepada rakyat sipil tentang kebakaran dan cara menanggapinya.

Pengalaman beberapa bulan yang lalu memanggil damkar, saat sarang tawon lumayan besar bertengger di atas teras mushola. Nyali seorang ibu terpanggil mengingat didepan teras sering menjadi tempat bermain anak-anak, termasuk anakku yang masih balita. Di komplek mushola tsb juga dihuni banyak lansia. Sudah mencoba meminta tolong dengan pemuda, hasilnya kekhawatiran mendominasi, sebab berdekatan dengan kabel yang menyambung ke toa.

Melalui sosial media facebook, saya mencoba menelusuri sosmed damkar. Dengan id. @pos damkar bumiayu. Tak  lama diterima pertemanan, saya memulai chatting via inbox messenger. Memperkenalkan diri,  alamat lengkap dan momor yang bisa dihubungi, memberi penjelasan masalah serta menyertakan foto tujuan.

Untuk mengevakuasi sarang tawon dilakukan malam hari usai sholat isya. Satu tim damkar berseragam datang sekitar pukul 20.00. Komunikasi pelapor dan petugas berjalan dengan baik. Dengan bekerja sama dengan warga sekitar juga. Semua lampu teras dimatikan, seliter pertalite yang diminta petugas sudah disiapkan. Dengan cekatan mereka bekerja, tak sampai satu jam sarang tawon sudah lepas dari inangnya. 

Atau bisa dihubungi via no telp (0289) 430043. Terimakasih petugas, sudah meringankan kekhawatiran kami. Menyerahkan persoalan kepada ahlinya pasti membuat lebih percaya dan aman. Bukan begitu, teman 😊

#qismika'smom

Postingan Lama
Postingan Lebih Baru
Admin
Admin Bumiayu merupakan kota kecil dimana saya dibesarkan. Perjalanan hidup ini tentu tidak akan melupakan semua jejak yang tertinggal di kota Bumiayu. Pernah menjelajahi seluruh desa di Kec, Salem adalah jejak yang luar biasa selama tiga tahun lamanya.

Posting Komentar

Ads Single Post 4