24 C
id

Jika Bumiayu dan 5 Kecamatan Brebes Selatan di Lockdown

Lockdown Corona Sepi

Wabah Virus Corona meneybabkan Surakarta mengumumkan status Lockdown, dan sekolah-sekolah di Jakarta libur 2 minggu. Pemberlakuan Lockdown ini dibuat untuk mengantisipasi penyebaran Virus Corona yang sampai saat ini belum ditemukan vaksin untuk penyembuhannya.

Sedangkan pemerintah pusat sendiri belum memberikan status Lockdown untuk seluruh provinsi di Indonesia. Apakah hal ini termasuk keterlambatan? Dan tentu melihat Surakarta dan Jakarta sudah memberlakukan Lockdown maka berbeda 180 derajat dengan pemerintahan pusat.

Lockdown Corona Jalan Sepi

Lantas bagaimana jika Bumiayu dan 5 kecamatan di Brebes Selatan ini juga diberlakukan Lockdown? Langkah-langkah apa sih yang harus kita lakukan supaya survive disaat Lockdown diberlakukan disini.

Perlengkapan P3K dan obat-obatan


Tentunya pemerintahan daerah akan memberikan pengumuman Lockdown ini minimal 2 hari sebelumnya. Langkah pertama Anda harus mempersiapkan P3K dan obat-obatan. Hal ini bertujuan sebagai pertolongan pertama jika dalam satu keluarga ada yang sakit.

Informasi ciri-ciri COVID-19 atau Virus Corona ini sudah banyak dishare di Internet, salah satunya adalah gejalan pneumonia atau sesak nafas.

Dengan berbelanja obat-obatan minimal Anda bisa mengkonsumsinya untuk menekan gejala virus ataupun sakit biasa. Karena semua virus tentu akan menyerang seseorang dengan imun yang rendah, maka dari ini Anda wajib sehat selalu.

Air Minum yang Sehat dan Bersih


Di Bumiayu sendiri, hampir 90% masyarakatnya mengkonsumsi air sumur, karena penulis pun demikian masih menggunakan air sumur untuk kegiatan MCK dan memasak. Namun tidak ada salahnya jika dalam kondisi sedemikian rupa Anda wajib menyediakan air minum bersih dan sehat.

Yang dimaksud adalah air minum dari produk Aqua, Club, Vit ataupun produk-produk dari perusahaan yang telah mengkantongi izin pangan HACCP.

Sayur-sayuran dan Lemak


Sayur-sayuran sendiri mempunyai banyak vitamin dan serat yang tentu membuat tubuh Anda terjaga komposisi vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Hal ini adalah untuk menjaga imunitas tubuh Anda sendiri. Semakin Anda sehat, maka peluang tertular virus akan semakin sedikit, dengan catatan tidak bersentuhan langsung dengan suspect.

Kemudian daging merah, meskipun dipasar akan terjadi lonjakan harga sangat disarankan untuk membeli daging merah seperti (Sapi, dan Kambing). Daging dengan kandungan lemak yang tinggi akan menjaga rasa lapar yang berlebihan, jadi Anda akan sedikit menghabiskan simpanan pangan di rumah.

Syarat Lockdown


Menuju ke penutup sebelum kesimpulan, mungkin juga Pemerintah Daerah sebelum melakukan Lockdown terhadap Kota Bumiayu dan sekitarnya harus memperhatikan syarat-syarat berikut ini :


  1. Rakyatnya Patuh.
  2. Aparatnya Tegas dan Keras
  3. Kebutuhan Pokok tersedia 
  4. Pemerintah memberi makan secara gratis ke warga gak mampu
  5. Gak boleh keluar rumah hanya utk alasan yang sangat urgent.


Siap gak?

Kesimpulan


Meskipun belum terlihat tanda-tanda oleh pemerintahan pusat akan berlakunya Lockdown, tapi kita sepatutnya menjaga diri dari hal-hal yang memungkinkan penularan Virus Corona. Dengan cara mengurangi bepergian ke tempat-tempat yang ramai. Makan masakan rumahan yang tentunya dihidangkan dengan cara yang higienis.

Selalu berdoa agar selalu dijauhkan dari marabahaya, meskipun kita juga harus berikhtiar agar tidak terjangkit Virus Corona. Selalu memonitor berita-berita dari sumber yang kredible. Jangan ikut menyebarkan berita-berita HOAX yang malah akan mengganggu kestabilan suasana.

Terakhir, jangan lupa untuk berjemur diantara waktu 09.00 WIB sampai dengan 10.00 WIB. Dengan terpapar sinar Ultraviolet, harapannya tubuh kita lebih kuat dalam menangkal segala macam virus. Dan selalu menggunakan masker jika bepergian agat tidak tertular ataupun menularkan. /FA
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru
Admin
Admin Bumiayu merupakan kota kecil dimana saya dibesarkan. Perjalanan hidup ini tentu tidak akan melupakan semua jejak yang tertinggal di kota Bumiayu. Pernah menjelajahi seluruh desa di Kec, Salem adalah jejak yang luar biasa selama tiga tahun lamanya.

Posting Komentar

Ads Single Post 4