Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Wisata Terbaru di Kecamatan Paguyangan bernama Waru Doyong

Terletak tidak jauh dari pusat Kota Bumiayu, dan juga tidak jauh dari Kecamatan Paguyangan. Namun lokasi ini menawarkan keindahan yang luar biasa tentang alam pegunungan yang tidak jauh dari lokawisata kaligua ini. Namanya adalah Waru Doyong.

Waru Doyong sendiri sudah menggelegar namanya di jagad dunia sosial media Bumiayuan, tempat ini sudah menjadi spot Instragamable oleh kawula muda-mudi Bumiayu dan sekitarnya. Bahkan menurut salah satu pengunjung sudah sampai Kota Kabupaten Brebes nama Waru Doyong ini mengudara.

Wisata Terbaru di Kecamatan Paguyangan Waru Doyong

Belum diketahui siapa pertama kali yang menemukan spot Instagramable di Kecamatan Paguyangan ini, namun yang jelas lokasi ini masih bisa dikatakan adalah lokasi alam liar. Kenapa bisa seperti itu? Karena sejauh ini, Waru Doyong belum merupakan suatu kawasan wisata yang terkelola secara profesional oleh PEMDA setempat.

Dengan begitu, sebaiknya masyarakat juga harus berhati-hati jika akan melakukan swafoto di lokasi tersebut. Lokasinya yang berhimpitan dengan jurang harus ekstra hati-hati, dengan rumput ilalang yang tinggi tentu sangat licin ketika hujan tiba. Disana terlihat belum ada pembatas yang mengamankan untuk para pengunjung, jadi sebaiknya masyarakat yang ingin mengunjungi tempat tersebut harus menghargai lokasi ini.

Wisata Bukit Waru Doyong Paguyangan
Foto oleh : Vera Shinta

Keindahan Waru Doyong yang berlokasi di Kecamatan Paguyangan ini memang sangat ikonik, dan menurut para penggiat media sosial tempat ini diceritakan menyerupai salah satu lokasi di Norwegia dimana terbentang tebing pegunungan dan mengalir aliran sungai dibawahnya.

Berikut kami sampaikan sedikit tips untuk mencapai puncak kepuasan Waru Doyong bagi kamu pecinta traveling ataupun influencer instagram.

1. Persiapkan peralatan safety

Waru Doyong adalah sebuah bukit, dimana akses menuju kesana sangat ekstrim dan tentu jalan yang ada adalah jalan setapak alami hasil dari petani setempat yang menggunakannya untuk pergi ke ladang mereka. Dengan akses jalan alami, kamu harus mempersiapkan peralatan safety standar pendakian seperti tongkat dan tali. Hal ini bertujuan agar kamu ketika mendaki ke Waru Doyong bisa selamat sampai dititik spot instagramable tersebut.

2. Izin ke RT atau Kepala Desa

Waru Doyong bukan sebuah tempat wisata pada umumnya, maka dari itu meminta izin kepada RT atau kepada desa setempat adalah hal yang sangat bijaksana. Dengan begitu, warga setempat bisa mengetahui siapa saja yang berada di Waru Doyong pada hari tersebut. Hal ini untuk memudahkan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan ketika kamu berada diatas sana.

3. Berpakaian Sopan

Alam adalah suatu kehidupan dimana sesuatu didalamnya diatur berdasarkan piramida atau rantai makanan tertentu. Dengan kamu menghargai alam, maka demikian pula alam akan menyambut kamu dengan penuh gembira. Berperilaku sopan dan santun akan membuat alam menerima kehadiran kamu.

Penutup

Harapannya kepada PEMDA BREBES harus bisa memanfaatkan momentum seperti ini, harus melakukan gerak cepat untuk membuat tempat ini tetap lestari namun bisa memberikan pendapatan kepada masyarakat setempat. Dengan cara membuat lokasi ini aman dan terlihat lebih eksotis, sehingga akan menarik perhatian turis luar daerah Brebes yang tentu akan menjadi pendapatan daerah.

Posting Komentar untuk "Wisata Terbaru di Kecamatan Paguyangan bernama Waru Doyong"

Berlangganan via Email