Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Mengenal hama tanaman dan musuh alaminya

Jika kita bisa berkebun tanpa gangguan dari hama yang menyerang tanaman, maka memang berkebun akan menjadi masalah sederhana. Tetapi sepanjang waktu kita harus berhati-hati terhadap musuh-musuh kecil ini dalam ukuran kecil, tetapi luar biasa dalam kekacauan yang mereka buat.

Karena penyakit manusia seringkali dapat dicegah dengan kondisi yang sehat, maka hama dapat dicegah dengan kebersihan kebun yang ketat. Tumpukan sampah adalah tempat tumbuh suburnya bagi pengembangbiakan serangga. Saya tidak berpikir tumpukan kompos akan membahayakan, tetapi bintik-bintik yang tidak terawat tampaknya akan mengundang masalah.

Mengenal hama tanaman dan musuh alaminya
Image by Susann Mielke from Pixabay

Ada beberapa bantuan untuk mencegah hama. Pengadukan konstan tanah oleh cacing tanah adalah bantuan dalam menjaga tanah terbuka ke udara dan air. Banyak burung kita yang biasa memakan serangga. Burung pipit, burung robin, anak ayam, adalah contoh burung yang membantu dengan cara ini. Beberapa serangga memakan serangga lain dan berbahaya. Beberapa jenis kepik membantu melakukan penyerbukan bunga dengan baik. Dan kodok adalah musuh utama para serangga yang tentunya ini adalah makanan lezat bagi sang kodok. Kodok ini layak mendapat perlakuan yang sangat baik dari kita semua.

Setiap tukang kebun harus mencoba menjadikan kebunnya sebagai tempat yang menarik bagi burung dan kodok. Rumah burung yang baik, biji-bijian yang ditaburkan di awal musim semi, tempat air, adalah hal yang menarik bagi burung-burung untuk bertengger di taman kamu dan memakan serangga-serangga yang menggangu itu. Begitu juga untuk kodok, kamu harus bisa mendesign sarang hunian untuk kodok yang nyaman agar betah berburu serangga setiap malam. Pada malam hari dia siap untuk pergi keluar untuk makan tetapi tidak untuk membunuh, karena kodok lebih suka makanan hidup. Nah, satu hal yang harus dilakukan adalah menyiapkan retret, hening, gelap dan lembab. Beberapa batu dengan ukuran tertentu dilapisi semak belukar dengan hamparan dedaunan basah, akan tampak sangat halus bagi katak.

Memusnahkan serangga menggunakan insectisida yang tentu langsung ketitik pointnya yakni membasmi hama tanaman yang merugikan itu. Racun yang disemprotkan itu memang benar akan membunuh serangga, namun juga mempunyai dampak ke tanaman kamu jika terlalu sering dilakukan.

Bagaimana caranya saya bisa tahu serangga apa yang telah merusak tanaman dikebun saya? Setiap seranggan memiliki ciri khas dalam menyerang tanaman. Contohnya adalah cacing tambang, ulat bulu yang akan menyerang tangkai pada tanaman ataupun daun-daunnya. Bisa berbentuk sobekan, dan patahan pada batang. Hal inilah yang akan mengganggu pertumbuhan dari tanaman yang ada di taman kamu itu. Cara yang sangat baik untuk menghalanginya adalah dengan meletakkan kerah kertas, atau yang timah, di sekitar tanaman. Kerah ini harus sekitar satu inci dari tanaman.

Kumbang, juga merupakan salah satu hama yang memakan buah melon dan daunnya. Kumbang dengan corak garis hitam dan kuning ini akan memakan buah dengan menusukan tanduknya sehingga membuat lubang ditengahnya. Dan tidak lama lagi buah tersebut tentu akan membusuk karena bercampur dengan oksigen dan akhirnya tumbuhlah ulat didalamnya.

Lalu ada siput, hewan yang terlihat lelet ini juga merupakan hama kebun. Siput akan melahap hampir semua tanaman kebun, apakah itu bunga atau sayuran. Mereka bertelur banyak di tumpukan sampah yang lama. Maka dari itu seringlah membakar sampah yang sudah menggunung agar terhindar dari hama siput ini. Untuk mengusir siput cukup mudah, pada siang hari yang terik bukalah semua tumpukan daun-daun sebagai tempat berteduh siput kemudian lemparkan jauh-jauh dari taman kamu supaya siput tidak merusaknya.

Hama yang umum di kebun sayur adalah cacing tomat. Ini adalah cacing bergaris kekuningan atau kehijauan. Pekerjaannya adalah memakan buah yang masih muda. Ulat hijau muda yang hebat ditemukan di seledri. Ulat ini dapat diceritakan oleh pita hitam, satu pada setiap cincin atau segmen tubuhnya.

Meskipun kupu-kupu yang mempunyai kepakan sayap berwarna indah dan menarik, namun dia berasal dari ulat yang merusak taman kamu. Jadi sebelum berubah menjadi kupu-kupu persiapkan dengan baik segala sesuatunya untuk melawan hama tersebut baik melalui musuh alaminya maupun insectisida.

Posting Komentar untuk "Mengenal hama tanaman dan musuh alaminya"

Berlangganan via Email