Headlines News :
Home » » Jalan Longsor, Jalur Utama Tegal-Purwokerto Kritis

Jalan Longsor, Jalur Utama Tegal-Purwokerto Kritis

Written By Bumiayu on Monday, March 18, 2013 | 20:14

@Bumiayuku (Brebes) - Belum adanya penanganan pada tebing Sungai Kalong yang longsor, mengakibatkan kondisi jalan nasional ruas Jakarta - Tegal - Purwokerto, tepatnya di jalur di Desa Tonjong, Kecamatan Tonjong, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, makin kritis dan terancam putus.
Kondisi tebing terus terkikis dan badan jalan telah amblas lebih dari satu meter, dan dikawatirkan akan putus. "Longsor telah memakan badan jalan lebih dari satu meter, kondisinya sangat membahayakan keselamatan jalan nasional," kata Kepala Desa Tonjong, Maksudi kepada PanturaNews.Com, Senin 18 Maret 2913.

Menurutnya, sejak mengalami longsor pada awal Januari 2013 lalu kondisinya makin mengprihatinkan dan lalulintas diberlakukan secara buka tutup. Area di sekitarnya yang merupakan pemukiman warga juga mengalami retak-retak.

"Ada lima rumah warga yang ada di dekat lokasi itu, juga mengalami retak-retak dan terancam keselamatannya," kata Maksudi.

Dikatakan, belum dilakukannya penanganan banyak dikeluhkan warga dan juga pengguna jalan. Mengingat jalan tersebut sangat vital bagi jalur ekonomi dan menjadi penghubung antara jalur pantura dan jalur selatan provinsi Jawa Tengah. "Informasi yang diperoleh penanganan baru akan dilakukan pada april 2013 mendatang," katanya.

Sementara itu, pengamatan PanturaNews.Com di lokasi nampak kondisi badan jalan amblas selebar lebih dari satu meter ke dasar sungai sedalam 25 meter. Untuk menjaga keselamatan pengguna jalan, di lokasi telah dipasang batas pengaman.

Lalulintasyang diberlakukan dengan sistim buka tutup atau bergantian seringkali mengakibatkan terjadinya antrian kendaraan yang cukup panjang, karena harus antri untuk mendapat giliran bisa lewat.

Sumber : PanturaNews
Share this article :

Berita Terkait Lainnya :

0 comments:

Silahkan Untuk Memberikan Komentar

Pemimpin Brebes

Radio TOP FM 951

 
Support : Facebook Bumiayu | Twitter Bumiayu | Youtube Bumiayu
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2013. Berita Bumiayu - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template