Headlines News :
Home » » Bumiayu, Brebes

Bumiayu, Brebes

Written By Faizal Amri on Tuesday, July 31, 2012 | 17:43


Bumiayu(bahasa Belanda: mooie aarde stad adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Indonesia. Bumiayu merupakan pusat aktivitas masyarakat di bagian selatan Kabupaten Brebes seperti Tonjong, Sirampog, Bantarkawung, Salem, dan Paguyangan. Kecamatan ini berada di daerah dataran tinggi, dan dilalui jalur transportasi utama Tegal-Purwokerto, serta jalur kereta api Jakarta-Cirebon-Purwokerto-Yogyakarta-Surabaya. Stasiun kereta api Bumiayu merupakan salah satu perhentian kereta api yang penting di daerah ini.

Di Bumiayu terdapat Pasar Wage, yaitu pasar yang hanya buka setiap lima hari sekali menurut hari pasaran Kalender Jawa. Di kota Bumiayu, sebagian besar masyarakat Bumiayu memiliki mata pencaharian sebagai pedagang. Kawasan perdagangan kota Bumiayu yang membentang dari Talok hingga Jatisawit. Pasar di Bumiayu adalah Pasar Talok, Pasar Bumiayu, Pasar Majapahit, dan Pasar Jatisawit.



Untuk mengurangi kemacetan di kota Bumiayu, Pemerintah Kabupaten Brebes membangun jalan Lingkar Selatan, yang dibangun di sebelah timur wilayah perkotaan Bumiayu. Jalan tersebut terbentang mulai dari Talok hingga Pagojengan Kecamatan Paguyangan dan melintas di bawah jembatan kereta api Sakalimolas.

Selanjute bisa dideleng nang wikipedia. :D
Share this article :

Berita Terkait Lainnya :

0 comments:

Silahkan Untuk Memberikan Komentar

Pemimpin Brebes

Radio TOP FM 951

 
Support : Facebook Bumiayu | Twitter Bumiayu | Youtube Bumiayu
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2013. Berita Bumiayu - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template